Tugas Pokok dan Fungsi

  1. Sekretaris Daerah

Membantu  Bupati dalam penyusunan   kebijakan   dan pengkoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas serta pelayanan administratif Perangkat Daerah.

  1. Staf Ahli Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan

Melaksanakan pengkajian, memberikan telaahan, pertimbangan dan rekomendasi mengenai isu- isu strategis Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan

  1. Staf Ahli Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan

Memberikan telaahan dan rekomendasi isu-isu strategis Bidang Ekonomi, Pembangunan dan Keuangan

  1. Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia

Memberikan telaahan dan rekomendasi  isu-isu  strategis  Bidang  Kemasyarakatan Dan Sumber Daya Manusia

  1. Asisten Pemerintahan Dan Kesejahteraan Rakyat

Membantu Sekretaris Daerah dalam perumusan kebijakan, mengkoordinasikan bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Kesejahteraan Rakyat, dan Hukum serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan         Pemerintah   Kabupaten   Bengkulu   Selatan sesuai dengan pembidangan tugas Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, membawahi:

  1. Bagian Pemerintahan dan Otonomi Daerah

melaksanakan  penyusunan  pedoman dan         petunjuk    teknis    pembinaan    serta    melakukan koordinasi dan memantau perkembangan penyelenggaraan pemerintahan umum, otonomi daerah, kerjasama daerah, kecamatan, desa/kelurahan dan pertanahan

  1. Bagian Kesejahteraan Rakyat

menyiapkan perumusan kebijakan, pengkoordinasian penyusunan program, pembinaan, pelaksanaan kegiatan, monitoring evaluasi dan pelaporan di bidang keagamaan, sosial budaya dan kesejahteraan rakyat

  1. Bagian Hukum

menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas      dan  fungsi,  pemantauan  dan  evaluasi  program kegiatan         dan    penyelenggaraan    pembinaan    teknis, administrasi bidang produk hukum dan telaahan hukum, penyusunan         peraturan  perundang–undangan,  bantuan hukum, dokumentasi dan informasi hukum serta penyuluhan hukum

  1. Asisten Perekonomian dan Pembangunan

membantu Sekretaris Daerah dalam perumusan kebijakan, koordinasi pelaksanaan program, pelayanan administrasi, pemantauan, dan  evaluasi  terkait  dengan penyelenggaraan       urusan pemerintahan bidang perekonomian dan sumber daya alam, administrasi pembangunan serta layanan pengadaan barang dan jasa pemerintah daerah.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan, membawahi 3 (tiga) kepala Bagian terdiri dari :

  1. Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam

menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan  pembinaan   teknis,   administrasi   dan sumber daya urusan pemerintahan bidang pangan, perindustrian, perdagangan, koperasi usaha kecil dan menengah, penanaman modal, pertanian, kehutanan, kelautan dan  perikanan, lingkungan hidup,  energi  dan sumber daya mineral serta BUMD

  1. Bagian Administrasi Pembangunan

menyiapkan         perumusan         kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan    dan    evaluasi    program    kegiatan    dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya, penyusunan dan pengendalian program, monitoring dan evaluasi pembangunan, administrasi pelaksanaan dan kebijakan pembangunan

  1. Bagian Pengadaan Barang dan Jasa

menyiapkan perumusan  program  dan  kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan          pembinaan  teknis,  administrasi  dan sumberdaya pengadaan barang dan jasa

  1. Asisten Administrasi Umum

membantu Sekretaris         Daerah     dalam     perumusan     kebijakan, pengkoordinasian pelaksanaan program, pelayanan administrasi, pemantauan dan evaluasi terkait dengan pembinaan organisasi         dan ketatalaksanaan,    kehumasan    dan keprotokolan, serta tata usaha pimpinan dan dukungan penyelenggaraan pemerintahan daerah

Asisten  Administrasi  Umum,  membawahi  3  (tiga)  Bagian terdiri dari :

  1. Bagian Organisasi dan Tatalaksana

menyiapkan         perumusan         kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan           pembinaan  teknis,  administrasi  dan sumber  daya  di  bidang  kelembagaan, ketatalaksanaan, analisa jabatan, analisa beban kerja, pelayanan publik dan pengembangan kinerja organisasi

  1. Bagian Umum

menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan  fungsi,  pemantauan  dan  evaluasi  program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya di bidang ketatausahaan, kerumahtanggaan, perlengkapan, administrasi keuangan, administrasi kepegawaian dan pengelolaan barang milik daerah di lingkungan Sekretariat Daerah

  1. Bagian Humas  dan  Protokol

menyiapkan perumusan kebijakan, mengkoordinasikan pelaksanaan tugas dan fungsi, pemantauan dan evaluasi program kegiatan dan penyelenggaraan pembinaan teknis, administrasi dan sumber daya di bidang penyelenggaraan kehumasan kepala daerah dan wakil kepala daerah, penyelenggaraan keprotokolan, penyelenggaraan acara dan pelayanan tamu